Popular Post

Posted by : Ray Narius Sabtu, 26 Oktober 2019

MANIPULASI LANGSUNG

SIFAT MANIPULASI LANGSUNG
Manipulasi langsung bersifat langsung, sederhana, mudah digunakan dan mudah diingat.
Ide manipulasi langsung diungkapkan oleh Preece, 1994. Antara lain :
  • Kenampakan objek dan tindakan yang dilakukan pengguna
  • Cepat, dapat dibatalkan, tindakan meningkat
  • Penggantian perintah yang diketik dengan tindakan menunjuk ke objek yang diinginkan
ASPEK KOGNITIF PADA MANIPULASI LANGSUNG
Aspek Kognitif pada manipulasi langsung antara lain :
  • Directness
  • Jarak
  • Engagement
MANIPULASI PROGRAM VERSUS MANIPULASI ISI
Manipulasi Program
Manipulasi Isi
Definisi
Cara pengguna menggunakan program aplikasi untuk menyelesaikan suatu tugas
Data yang sedang diolah oleh program aplikasi tersebut
Aktifitas
Proses menekan klik, scroll, menggeser objek, memilih, menghubunkan sejumlah objek pada mouse
Menyangkut pembentukan, modifikasi, pemindahan data atau objek yang nampak dilayar secara manual dan langsung menggunakan piranti penunjuk (Mouse)
Keahlian
Tidak memerlukan keahlian khusus, biasanya terfokus pada pengelolahan program itu sendiri beserta antarmukanya
Memerlukan keahlian khusus sehingga hasilnya setiap orang akan berbeda

FASE PADA PROSES MANIPULASI LANGSUNG
Proses manipulasi langsung terdiri dari 2 fase, yaitu :
  • Fase Bebas
Fase sebelum pengguna melakukan suatu tindakan.
Tugas antarmuka adalah menunjukkan jenis manipulasi langsung yang dapat dilakukan pengguna berdasarkan bentuk kursor yang ditampilkan di layar.
  • Fase Aktivasi
Fase ketika pengguna mulai melakukan penggeseran.
Tugas antarmuka adalah harus secara positip menunjukkan  bahwa manipulasi langsung sedang berjalan dan secara visual harus menunjukkan partisipan dalam tindakan tersebut.
UMPAN BALIK VISUAL
Kunci keberhasilan manipulasi langsung adalah adanya umpan balik visual yang lengkap.
Dalam proses umpan balik visual terdapat 2 varian kursor, yaitu :
  • Fase Bebas saat kursor bergerak
  • Fase Aktifasi saat kursor berfungsi untuk klik kiri dan klik kanan.
KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN MANIPULASI LANGSUNG
NO
KEUNTUNGAN
KERUGIAN
1
Mempunyai analogi yang jelas dengan suatu pekerjaan
Memerlukan program yang rumit dan berukuran besar
2
Mengurangi waktu pembelajaran
Memerlukan tampilan grafis berkinerja tinggi
3
Memberikan tantangan untuk eksplorasi pekerjaan yang nyata
Memerlukan peranti masukan seperti tetikus, trackball
4
Penampilan visual yang bagus
Memerlukan perancangan tampilan dengan kualifikasi tertentu
5
Mudah dioprasikan
6
Tersedianya berbagai perangkat bantu untuk merancang ragam dialog manipulasi langsung

Download Doc disini

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Interaksi Manusia dan Komputer - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -